Inspirasi Membangun ESDM yang Tangguh

  


Sebuah inspirasi untuk Menteri ESDM.

Masih ingat dg "kegarangan" Undang-Undang No. 44 Tahun 1960 tentang Pertambangan Minyak dan Gas Bumi? Pak Presiden, tolong buat! seperti itu lagi untuk Indonesia kita sekarang. 

UU itu adalah UU yang dibuat oleh Djuanda dg perintah Presiden Soekarno akibat merespon kondisi dalam negeri yagn serba dirugikan penjajah. juga UU ini wujud sikap tegas bangsa Indonesia tentang minyak dan gas bumi kita yang mulai diintervensi oleh Amerika dan Soviet. UU inilah (No. 44/th 1960) dimentahkan oleh Soekarno dan yang membuat kondisi politik saat itu memanas.

Soekarno saat itu menjawab intervensi Amerika dan Soviet dengan kalimat: “kalau dulu negara Belanda mau perang, kita jawab dengan perang!” “kalau intervensi asing di sektor energi semaunya sendiri, kita jawab perang! secara undang-undang”. Inilah yang membuat Amerika dan Soviet geram luar biasa kepada Indonesia.

UU inilah yang memaksa perusahaan asing yg mengeksploitasi sumber daya Indonesia dg harus membayar 60% dari total pendapatannya untuk disetorkan ke Indonesia, sisanya yaitu 40% atau lebih kecil dari itu boleh dibawa pulang. 

Konon katanya, musabab UU ini, Soekarno banyak diincar pembunuh bayaran.

Soekarno mengatakan, "kalau mereka marah, biarkan. Lebih baik, saya biarkan dan menunggu calon-calon insinyur Indonesia yang akan mengekploitasi sumber daya tsb untuk negeri kita sendiri."

Salam,

Bahrul Fauzi Rosyidi,
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Tulisan dilindungi hak cipta!

Komentar

  1. Soekarno memang leader top dengan karakter yg kuat. Semoga Jokowi sekuat beliau

    BalasHapus
  2. Benar. Soekarno adalah Leader yang mumpuni dengan karakter kuat. Semoga Jokowi pun demikian.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waton Suloyo, HB Politik Dhobos

Pemimpin Masa Depan

Bonus Demografi: Dimana Posisi NU, Santri, dan Masa Depan?