Unsur Terpenting Didalam Universitas


Saya melihat, diluar faktor-faktor struktural kelembagaan, unsur terpenting didalam universitas itu adalah di SDM-nya, di pengelolaan sumber daya manusianya, terutama para pengajar dan penelitinya. Kalau tentang tata kelola dan pembinaan staf akademiknya ini digali berdasarkan dari potensi, kinerja keilmuannya, dan total biaya yang dikeluarkan negera didalam pembinaan saja. Intinya, dari proses seleksi dan pengembangan tsb dicari staf akademik potensial intelektual yang bisa berharga untuk universitas dan Negara. Sisanya? Monggo kalau mau mengambil sistem alam. Gugurkan!

Keberadaan sedikitnya potensi intelektual harus diberdayakan, beri kesempatan dia, dan fasilitasi dia untuk mewujudkan potensi2nya. Gaya kerja semena-mena yang tua kurang ajar dengan yang muda dengan landasan like dislike harus dihapuskan. Ubah dengan profesionalisme, dan eliminasi gaya-gaya seperti ini. Kalau gak mau. Cut! Pecat besok.

Didalam hal ini, kegiatan penelitian harus diutamakan karena jelas-jelas punya efek ganda. Yaitu, terbentuknya fakta keilmuan baru, dan yang kedua akan terbentuknya muara pada publikasi yang bermutu. Kita harus menumbuhkan pemahaman yang mendalam dalam ilmu yang bersangkutan. Karena keduanya ini linier berpengaruh positif terhadap kualitas pengajaran dan penyebarluasan hasil-hasil kajian yang dilandasi pemahaman yang benar dan selalu menyajikan kebaruan.

Universitas harus menjadi investasi utama Negara. Riset tidak boleh dibatasi dengan masalah-masalah jangka pendek agar diperoleh hasil yang memiliki wawasan yang lebih luas dan bisa memecahkan persoalan-persoalan keilmuan yang mendasar.

Salam,

Bahrul Fauzi Rosyidi,
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Tulisan dilindungi hak cipta!



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waton Suloyo, HB Politik Dhobos

Pemimpin Masa Depan

Bonus Demografi: Dimana Posisi NU, Santri, dan Masa Depan?